Sponsor

Kamis, 22 Oktober 2009

Selamat Jalan Meggy Z

RIP Meggy Z
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelantun lagu "Sakit Gigi" Meggy Z tak cuma piawai bernyanyi dangdut, kemampuan aktingnya juga tak bisa disepelekan. Buktinya, sejumlah sinetron dan film sempat dibintanginya.

Kepada Kompas beberapa waktu lalu, mendiang Meggy Z sempat mengutarakan alasan ketertarikannya di dunia akting. "Sinetron bikin saya enjoy," katanya kala itu.

Soal honor, kata Meggy, bukan alasan. "Yang terpenting harus ada tantangan baru," ujarnya.

Meggy tak sekadar basa-basi. Menurutnya, honor sinetron yang diterimanya saat itu masih jauh ketimbang honornya manggung. Mencoba memberikan perbandingan, Meggy mengaku honor sekali menyanyi setara dengan 10 episode main sinetron. "Cost nyanyi sekali, mungkin sama dengan 10 episode sinetron," begitu bahasa Meggy.

Meski begitu, akting memberinya kepuasan batin. Ketulusan dan kecintaan inilah yang justru membuat Meggy dinilai cukup mumpuni dalam berakting. Tonggaknya dimulai ketika ia membintangi sinetron Bulan Berkaca (TPI). Kemampuan aktingnya mulai dilirik. Buktinya, baru saja muncul di sinetron tersebut, ia langsung didapuk menjadi pemeran utama dalam sinetron Jadi Pocong, yang ditayangkan stasiun televisi Indosiar.

Dari sinilah wajahnya mulai sering menghiasi layar kaca. Sejumlah peran dibintangi Meggy Z. Ia bahkan sempat beradu akting dalam sinetron Duk Duk Mong bersama Peggy Melati Sukma, Hanna Hasyim, Yus Yunus, dan Jaja Miharja.

Sibuk meladeni tawaran akting, Meggy tak lantas meninggalkan dunia dangdut yang membesarkan namanya. "(Jadwal) shooting pokoknya harus ngikutin jadwal saya nyanyi," katanya.

Kecintaan dan loyalitasnya pada musik dangdut bagi Meggy adalah harga mati. Di jagat musik dangdut, namanya sudah sangat mencorong. Dalam ajang Anugerah Dangdut (AD) TPI yang diselenggarakan pertama kalinya pada tahun 1997, Meggy Z dinobatkan sebagai Penyanyi Rekaman Dangdut Terbaik, bersanding dengan Iis Dahlia.

Setahun kemudian, di ajang yang sama, ia dinobatkan sebagai Penyanyi Pria Terbaik
yang populer berkat lagunya "Benang Biru". Lagu karya Fazal Dath ini juga ditetapkan juri sebagai Lagu Dangdut Terbaik. Dengan lagu sama, Meggy juga menggondol gelar penyanyi favorit pilihan pemirsa.

Saat musik dangdut berkibar merajai pentas musik Tanah Air, hampir semua lagu yang dinyanyikan Meggy Z mencuri perhatian publik, seperti "Anggur Merah", "Benang Biru", dan "Mandul", yang dinyanyikan duet bersama Kristina.

Kini publik hanya bisa mengenang sosoknya, setelah berpulang dengan tenang ke pangkuanNya pada Rabu (21/10) malam. Hanya doa yang bisa kami panjatkan. Selamat jalan Bang.... (EH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar